Tuesday 17 June 2008

Ketika keterampilan digantikan teknologi


Aku teringat jaman SD ku dulu, jaman dimana ada satu mata pelajaran menulis indah, menggoreskan pencil diatas kertas kotak kotak yang disebut buku strimin.

Aku juga teringat pula jaman SD ku dulu, jaman dimana ada kegiatan pada pelajaran matematika para murid dipanggil satu2 ke depan kelas untuk mencongak ngapalin perkalian.

Pada masanya dulu, kegiatan itu sangat amat bermanfaat, membuat tulisan kita jadi terlihat indah untuk dibaca, menjadikan kita cepat mengerjakan soal2 matematika yang ada perkalian nya.

Tetapi, ironisnya usaha keras yang kita lakukan dulu itu tidak lagi bisa digunakan atau dimanfaatkan dijaman sekarang. Yup, aku merasakan nya... Dan aku baru menyadarinya kemarin pada saat aku harus menggunakan bolpen untuk menulis, "waduh, tulisanku kok saiki jadi kaya cakar ayam yah" atau " waduh, 7x6 aja mikirnya lama bgt"...

Kenapa bisa seperti itu??
Jawaban nya mudah sekali, karena sehari2 kita tidak lagi menggunakan jari2 kita untuk menari2 dengan bolpen diatas kertas, jari2 kita telah terbiasa dengan ketikan di tuts keyboard dan keindahan tulisan bisa diubah2 sesuai dg front yg kita inginkan, Comic sans, Arial, Verdana, dll.
Dan sehari2 kita juga mengandalkan kalkulator dan Sum yg ada di komp, otak kita ga sempet kepake buat ngitung bgituan....

well, aku jadi teringat akan sejarah perancis dulu, dimana tenaga manusia telah digantikan oleh mesin yang disebut dengan revolusi industri...
dan apakan pada periode ini ketrampilan manusia jg akan tergantikan oleh teknologi sehingga mungkin akan disebut dengan revolusi teknologi dalam sejarah kelak....
we will see..;)

No comments: